memilih nama domain

Cara Memilih Nama Domain Terbaik

Di zaman modern kita, di mana kita menggunakan Internet setiap hari, dan jumlah halaman web sangat banyak, menemukan domain gratis adalah masalah memiliki waktu luang dan sedikit kreativitas.

Nama Domain sangat penting. Ini melayani tujuan yang mirip dengan merek atau logo. Semakin banyak orang akan mengingatnya; semakin banyak yang akan mengunjungi halaman Anda. Berapa kali Anda menemukan halaman web yang menarik yang tidak dapat Anda temukan nanti?

Sebuah domain harus dikaitkan dengan halaman Anda dan membedakan Anda dari pesaing Anda – itu harus singkat, sederhana dan meninggalkan kesan yang baik dan abadi. Ini semua tentang membantu pengguna, yang secara tidak sengaja menemukan artikel Anda, untuk mengingat alamat halaman web Anda dan kembali kepada Anda. Jika seperti ini, maka Anda memiliki domain yang bagus.

Jangan berpura-pura memilih nama domain yang cocok adalah tugas yang mudah. Membutuhkan pemikiran, tetapi jangan berkecil hati – orang lain bisa melakukannya, begitu juga Anda! Jangan menyerah dan mulai bekerja!

memilih nama domain

Nama domain apa yang harus Anda pilih? Ada beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum membeli domain.

1. Hindari Nama Umum

Ketika Internet mulai dikenal dan para pengguna tidak tahu bagaimana mereka harus mengoperasikannya, nama-nama umum, sederhana, dan satu kata (seperti Asuransi, sepatu dan terbang) memberikan keunggulan kompetitif.

Seiring waktu, semakin banyak perusahaan Internet muncul, menyebabkan nama-nama umum kehilangan nilainya.

Banyak domain baru dan serupa dibuat: eshoes.com, buyshoes.com, myshoes.com, dll. Bagaimana Anda ingin menonjol di sini? Bagaimana Anda ingin membangun merek Anda? Di antara nama-nama umum, Anda akan menjadi salah satu dari banyak nama lainnya.

Nama-nama yang hanya mengandung kata kunci terlalu umum dan, pada dasarnya, sulit diingat, misalnya, Domain carrental.com, cheapcarrental.com, rentalcar.com.

Menggunakan kata kunci dalam nama domain Anda (EMD atau exact match domain) cukup populer terutama karena mereka dapat membantu dalam SEO. Namun, Google secara resmi menyatakan bahwa EMD yang cocok dengan domain memiliki pengaruh yang kecil terhadap penentuan posisi.

Anda harus ingat bahwa mereka juga dapat melukai situs web Anda. Pembelian yang disengaja dari domain pencocokan tepat EMD dapat diperlakukan sebagai upaya memanipulasi algoritma. Dan ini, pada gilirannya, akan menyebabkan posisi situs web Anda menurun dalam hasil pencarian atau menghilang sama sekali.

SEO adalah satu hal . Membangun merek yang unik dan menjadi berbeda adalah sesuatu yang sepenuhnya berbeda. Dalam jangka panjang, merek itu lebih berharga .

Ingat!
Nama domain menjadi merek perusahaan yang dapat diidentifikasi, jadi pilihlah dengan cermat.

2. Nama Domain Mudah Di Ingat

Semakin pendek, semakin baik. Ini juga bagus jika pengguna dapat mengetiknya di browser pencarian dari memori. Lihatlah layanan terkenal seperti Google, Facebook, Twitter, atau merek terkenal seperti Nike, Puma, dan Vans. Mereka memiliki nama pendek, kuat, dan mudah, yang tidak sulit dihafal untuk orang-orang dari seluruh dunia. Perhatikan bahwa mereka tidak memiliki kata kunci dalam nama mereka, dan masih, semua orang tahu mereka.

Namun, apakah nama pendek selalu lebih mudah diingat? Kita harus sangat berhati-hati di sini.

Membuat nama domain terlalu pendek dapat mempengaruhinya secara negatif. Lebih baik mengingat frasa yang lebih panjang, seperti buymycar.com, daripada satu set surat yang tidak terkait seperti bmc.com.

Jangan takut untuk menggunakan nama yang lebih panjang jika lebih cocok dan lebih masuk akal.

Tambahan: Anda butuh hosting yang bagus? silahkan lihat disini review hosting terbaik.

3. Mudah diucapkan, mudah dieja, dan ditulis.

Seorang pengguna harus dapat mengetikkan nama domain tanpa masalah. Jika Anda harus menjelaskan ejaan nama domain Anda, itu berarti terlalu rumit. Ada risiko bahwa pengguna akan melakukan kesalahan saat mengetik dan tidak pernah menemukan halaman web Anda. Dan tentunya Anda tidak menginginkan itu.

4. Hindari tanda hubung dan angka

Semua penambahan mengganggu kelancaran nama. Mereka membuat pengguna berpikir tentang di mana mereka harus meletakkannya dan, oleh karena itu, bahaya membuat kesalahan meningkat.

Pengguna Internet statistik akan lebih mudah mengingat domain tanpa tanda hubung, misalnya yourname.com adalah pilihan yang lebih baik daripada your-name.com. Hal yang sama berlaku untuk angka.

Pengguna akan mengetik nama Anda tanpa tanda hubung atau angka, dan kemungkinan besar mereka akan menemukan situs web pesaing Anda. Dan? Poin masuk ke pesaing Anda!

Menambahkan angka dan tanda hubung ke alamat halaman web Anda bukanlah hal yang baik. Nama domain harus mudah diucapkan dan dieja, yang terhalang oleh tanda hubung dan angka.

5. Hindari pelanggaran merek dagang

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, periksa apakah nama domain yang Anda pilih bukan merek dagang terdaftar. Ini dapat menyebabkan beberapa masalah serius dengan hukum, yang akan membebani Anda dengan banyak uang. Mengapa membawa masalah pada diri sendiri?

Itulah sebabnya, sebelum Anda mengakhiri pencarian dan dengan senang hati lega, pastikan bahwa nama yang Anda pilih bukan merek dagang dari perusahaan lain.

6. Periksa media sosial

Aspek lain yang cukup penting dalam memilih nama domain adalah media sosial. Perhatikan fakta bahwa media sosial memainkan peran penting di dunia modern, apakah Anda menyukainya atau tidak, dan itulah mengapa Anda harus mengkonfigurasi profil di situs media sosial paling populer.

Di sini Anda juga harus memeriksa apakah nama Anda tidak digunakan oleh orang lain dan jika itu, maka Anda mempertimbangkan untuk mengubahnya.

Akan sangat sulit untuk membangun merek positif dengan nama di mana perusahaan lain sudah beroperasi. Ini tidak kurang dari meminta masalah.

Anda juga dapat mencoba dan memodifikasi nama Anda dengan menambahkan sufiks dan awalan untuknya, tetapi pikirkan baik-baik sebelum melakukannya, karena itu tidak akan menjadi solusi yang tepat dalam setiap kasus. Nama yang seragam akan selalu lebih mudah diingat, lebih mudah dikenali, dan akan berkontribusi untuk membangun merek.

Di Internet, Anda dapat menemukan alat yang diperlukan untuk dengan mudah memeriksa nama domain Anda di jejaring sosial populer serta di Basis Data Merek Dagang USPTO. Salah satunya adalah https://knowem.com/.

7. Memilih ekstensi nama domain

Jenis ekstensi apa yang dapat kita miliki? Ada ekstensi umum (domain tingkat atas umum gTLD) misalnya seperti .com, .net, .org, ekstensi nasional (domain tingkat atas kode Negara – ccTLD), ekstensi regional, dan bahkan ekstensi lokal. 

Setiap negara memiliki ekstensi nama domainnya sendiri .

Pilihan ekstensi nama domain sangat tergantung pada target pasar situs web Anda dan kontennya. Jika Anda hanya tertarik pada pasar lokal, Anda dapat menggunakan ekstensi nasional populer yang berfungsi di negara tertentu (.id – Indonesia, .us – AS, de.- Jerman, .at- Austria, .ca- Kanada, .ch – Swiss, .uk – Inggris, dll.), Yang dihargai di pasar lokal, tetapi belum tentu dikenal di seluruh dunia.

Ratusan gTLD baru domain tingkat atas generik baru muncul, yang tersedia pada tahun 2014, seperti .pizza, .taxi, .club, .photo, .camera itd., Yang lebih efektif dalam mendefinisikan bisnis suatu diberikan perusahaan.

Di antara ekstensi yang tersedia, yang paling populer dan dikenal adalah .com

Perlu di ingat jika kita menghafal nama domain, bukan ekstensinya. Otak kita sering melewatkan ekstensi berlebih, dan mereka melakukan hal yang sangat mirip dengan angka dan tanda hubung.

Ketika kita mengetikkan alamat web di browser pencarian, kita cenderung untuk secara otomatis menambahkan ekstensi .com (dan mungkin ekstensi nasional, yang dekat dengan kita).

Memilih ekstensi sepertinya tugas yang mudah, tetapi apakah itu seperti itu?

Jumlah nama domain dengan ekstensi .com terus berkurang; dengan demikian, pilihannya semakin terbatas, dan harga tampaknya sangat tinggi.
Anda harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan, apakah lebih baik menghasilkan nama asli dengan ekstensi berbeda atau memilih nama domain apa pun, tetapi dengan ekstensi .com.

Mungkin dalam beberapa tahun, akan normal bahwa semua biro perjalanan menggunakan ekstensi perjalanan, dan toko pizza menggunakan ekstensi .pizza. Ini akan memungkinkan pengguna untuk mengetik ekstensi yang cocok untuk perusahaan tertentu secara intuitif. Siapa tahu?
Atau mungkin Anda akan lebih diingat jika menggunakan domain yang sama sekali berbeda dari yang lain, seperti ma.tt?

Sampai sekarang, kebenarannya adalah ekstensi .com adalah ekstensi yang paling populer, paling sering dipilih, dan paling intuitif di dunia untuk pengguna Internet potensial. Jika Anda ragu, tetap dengan .com.

8. Gunakan Generator Nama Domain

Jika Anda memiliki waktu yang sangat sulit datang dengan nama yang unik dan pintar. Atau nama-nama yang muncul di pikiran Anda tidak tersedia dan Anda tidak punya ide lain, jangan berkecil hati! Gunakan Generator Nama Domain.
Generator akan membantu Anda mengumpulkan ide-ide terbaik dan itu akan menambahkan beberapa ide baru.

Ini adalah alat yang hebat, yang menghasilkan banyak nama domain baru berdasarkan indikasi Anda, dan dengan demikian merangsang pikiran untuk berpikir dan menciptakan. Anda tidak diwajibkan untuk menggunakan nama-nama yang akan dihasilkan. Anda akan melihat bahwa ide-ide baru akan muncul di kepala Anda.

Kapan Anda harus menggunakan Generator Nama Domain?

  • kamu tidak punya ide,
  • Anda putus asa karena setiap nama yang ingin Anda pilih sudah diambil,
  • atau Anda ingin memulai blog baru dan sedang mencari tujuan untuk menamainya.

Di Internet, Anda akan menemukan banyak generator nama domain. Gunakan beberapa dari mereka tetapi jangan terpaku pada satu saja. Ini akan cukup jika Anda memasukkan ‘generator nama domain gratis’ di browser Anda.

9. Daftarkan nama domain baru Anda

Ketika Anda menemukan nama domain yang sempurna, pastikan Anda mendaftarkannya sehingga tidak ada yang memiliki kesempatan untuk melakukannya sebelum Anda.

Ada dua cara untuk melakukannya:

Jika Anda tidak berencana membuat halaman web, Anda dapat mendaftarkan nama domain Anda saja – dengan cara ini Anda akan yakin bahwa tidak seorang pun akan mengambilnya sebelum Anda (setidaknya selama waktu Anda mendaftarkan nama domain Anda).

Namun, jika Anda ingin segera memulai halaman web dan mulai menulis blog, Anda dapat melakukannya dengan membeli domain bersama hosting.

Ringkasan

Memilih nama domain yang tepat bukanlah tugas yang mudah. Ini adalah salah satu momen paling menantang ketika Anda membuat blog. Mencari yang satu ini, dan nama yang unik mungkin membutuhkan banyak waktu, jadi persiapkan diri Anda dan jangan berkecil hati.

Semua orang ingin membuat pilihan terbaik dan diakui dan sukses, itu jelas. Sejujurnya, Anda tidak pernah tahu apakah nama domain Anda akan menaklukkan hati para pengguna, tetapi jangan khawatir tentang hal itu.

Tetap berpegang pada aturan sederhana, cari nama yang unik tapi mudah diingat. Berpikir global saat membuat nama domain Anda, kecuali jika Anda ingin fokus pada pasar lokal, dalam hal ini Anda harus berpikir secara lokal. Ingat bahwa kedua pasar ini dikuasai oleh aturannya masing-masing.

Saat membangun / membuat blog / halaman web baru Anda, perhatikan fakta bahwa nama domain dapat membantu Anda diingat oleh pengguna. Tetapi yang paling penting adalah konten, produk, dan layanan yang ingin Anda bagikan dengan orang lain. Hal-hal ini, bersama dengan nama domain , menciptakan merek yang tak terlupakan, terkenal, dan unik yang berulang kali dipilih oleh pengguna.

Jika Anda memulai blog atau halaman web pribadi Anda, pertimbangkan untuk menggunakan nama dan nama keluarga Anda – ini juga merupakan strategi yang sangat baik untuk membangun merek yang unik.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak opsi, dan Anda harus memutuskan sendiri jalan mana yang ingin Anda ambil.

Semoga berhasil!